Proses Pembuatan Kolam Renang. 9 Kunci Utama Tahapan Pembangunan

Proses pembuatan kolam renang jika ditinjau dari kacamata keilmuannya akan dituntut mempunyai tahapan-tahapan pembangunan yang runut dan tertib. Karena satu tahapan saja terlewati, maka bisa saja anda akan menemukan sebuah permasalahan ke depannya.

Sama halnya dengan sebuah buku, anda mesti membukanya satu demi satu helai lembaran buku hingga sampai pada halaman terakhirnya. Agar anda mengerti dan faham akan isi buku tersebut.

Sebelum keinginan anda untuk membangun sebuah kolam renang dilaksanakan. Ada baiknya anda faham dan mengerti fungsi dari kolam renang, sehingga tujuan anda akan tepat sasaran. Sebab fungsi dan tujuan kolam renang akan menentukan faktor lokasi penempatan, material, ukuran dan struktur konstruksi dari kolam renang.

 

Prosespembuatankolamrenang

Kolam renang memiliki fungsi sebagai sebuah wadah atau konstruksi yang dirancang untuk menampung air dengan ukuran tertentu yang digunakan untuk memenuhi salah satu atau berbagai kebutuhan dan kepentingan manusia.

Dan jika anda sudah memiliki sebuah tujuan, untuk apa kolam renang anda dibuat. Maka anda akan kami beri sebuah rujukan pada tahapan kunci pembangunan kolam renang yang baik dan benar. Agar anda bisa menentukan seberapa besar ukurannya, kekuatannya dan banyaknya sarana untuk melengkapinya.

 

Proses Pembuatan Kolam Renang & 9 Tahapan Menuju Tujuan.

Kunci dasar tahapan menuju tujuan pembangunan kolam renang ini, kami bagikan untuk anda yang memang benar benar berniat membuat kolam renang impian. Agar prosesnya bisa anda kontrol hingga berjalan dengan semestinya. Dan menghasilkan kualitas kolam renang yang baik dengan jaminan kekuatan sehingga akan bermanfaat tentunya.

 

Prosespembuatankolamrenang

9 tahapan proses pembuatan kolam renang tersebut adalah :

  1. Perencanaan

    • Tahap perencanaan ini meliputi perumusan ide, ukuran, gaya dan bentuk kolam renang, hingga kisaran besarnya biaya. Dalam tahap ini pula anda dituntut untuk memiliki data tentang luas lokasi penempatan, kondisi lingkungan sekitar, anggaran biaya dan aturan main jika anda ingin menyerahkan pekerjaan ini kepada kontraktor kolam renang.
  2. Perancangan

    • Berdasarkan data yang anda peroleh pada tahapan perencanaan, rumusan idea inilah yang menjadi dasar anda menentukan tata letak dengan sebuah gambar kasar atau gambar tehnik. Saat inilah waktu yang tepat untuk mencari desain ornamen dan warna pilihan anda.
  3. Musyawarah

    • Musyawarahkan gambar dari hasil ide dan desain anda kepada seluruh anggota keluarga. Agar keseluruhan anggota keluarga merasa dihargai dan diperhatikan haknya. Anda akan selamat dari tudingan kesalahan jika ke depan terdapat sebuah ketidaknyamanan. Karena keputusan akhir merupakan keputusan bersama.
  4. Pra Pelaksanaan

    • Berdasarkan keputusan bersama dan gambar kolam renang yang sudah anda miliki, pada tahap ini anda akan mempersiapkan kontrak kerja dengan berbagai pihak. Kontraktor kolam renang, toko material, dan pihak pihak yang berkaitan. Mungkin anda akan mulai disibukkan dengan dering telepon dan email penawaran.
  5. Persiapan

    • Pada tahap ini sudah mulai ada aktifitas dari para pekerja pembuat kolam renang. Pengukuran dan penentuan layout ditetapkan dengan proses bouwplank untuk mencari titik bangunan yang diperlukan. Pembersihan lahan atau area dari benda benda yang mengganggu berjalannya pembangunan mulai dilakukan.
  6. Eksekusi / Pengerjaan

    • Yang terdiri dari :
      1. Penggalian Tanah
      2. Pemasangan Batu Bata
      3. Pembesian
      4. Pembuatan Bekisting
      5. Pengecoran
      6. Plumbing
      7. Finishing
      8. Instalasi Elektrikal dan Mekanikal
      9. Pengisian dan Pengetesan Sistem Sirkulasi
  7. Pembersihan Area Kolam Renang

    • Pastikan yang tertinggal di area kolam renang anda adalah peralatan dan kebutuhan yang anda perlukan. Buanglah sampah dari sisa material yang tidak terpakai untuk menghindari mengotori pandangan mata. Simpanlah barang barang yang masih bisa digunakan di dalam gudang anda.
  8. Serah Terima Pekerjaan

    • Pada tahapan ini anda harus memastikan bahwa hasil pekerjaan pada proses pembuatan kolam renang anda sesuai dengan spesifikasi yang anda minta. Toleransi bisa anda berikan jika memang hanya sebatas kekurangan yang tidak mempengaruhi fungsi dan nilai estetika kolam renang.
  9. Garansi dan Masa Retensi

    • Pastikan anda mendapatkan jaminan atas hasil pembuatan kolam renang anda atas kerusakan dan kebocoran atau tidak berfungsinya sistem mekanikal kolam renang sesuai perjanjian yang telah anda sepakati dan anda tanda tangani bersama dengan kontraktor pembuat kolam renang anda.

Congratulation !!

Anda kini sudah memiliki sebuah ilmu perencanaan dan pengetahuan tentang proses pembuatan kolam renang. Semoga kelak anda benar benar bisa mewujudkan mimpi indah anda untuk memiliki sebuah kolam renang yang sejuk dengan air yang jernih dalam lingkup hunian anda yang nyaman.

 

Perawatan, Tahapan Terpenting Selanjutnya

 

Pada akhirnya bukanlah seberapa besar kemampuan anda untuk membangun sebuah kolam renang. Namun seberapa besar concern anda pada proses perawatannya. Karena yang terpenting pada kelanjutan kolam renang anda adalah mempertahankan kualitas air dan kondisinya.

  • Baca satu lagi artikel kami tentang perawatan kolam renang untuk menambah khasanah pengetahuan anda selanjutnya.

Dan jika ada beberapa persoalan yang mengganggu anda dan hal itu berkaitan dengan kolam renang beserta permasalahannya, anda bisa menghubungi kami di nomer telepon yang tertera di pojok kanan atas halaman ini.

Semoga bermanfaat.

Similar Articles

Bagaimana Caranya Memilih... Tangga kolam renang merupakan sebuah sarana yang sering kali dilupakan oleh para perancang kolam renang. Padahal keberadaannya di dalam kolam renang menjadi hal yang sangat diperlukan bagi pengguna kolam renang.
Efek Samping Chlorine: Ch... Efek samping chlorine sebagai salah satu bahan kimia pada pemakaian maintenance kolam renang seringkali menjadi pertanyaan banyak orang. Masih banyak penggunanya yang belum mengerti dan memahaminya. Jadi
Sistem Skimmer: Sistem Si... Sistem Skimmer, sebuah sistem sirkulasi kolam renang yang lambat laun ditinggalkan para pecintanya. Seolah-olah sistem ini sudah tidak lagi produktif dan efisien untuk diterapkan pada operasional kolam
Perawatan Air Kolam, Anda... Perawatan air kolam gedung di Noble House Building akan segera kami mulai. Sebenarnya pekerjaan ini bukan termasuk dalam kategori Perawatan Kolam Renang. Namun tidaklah mengapa, karena kami juga
Effective and Efficient With good planner we will get the good result and the best lead time per our agreement, You do not want to make wasting your time. We
Water Fountain Kolam Rena... Water Fountain kolam renang merupakan salah satu elemen tambahan. Namun seringkali berpengaruh besar pada keseluruhan nilai sebuah kolam renang. Meskipun tidak semua tipe kolam renang juga layak ditambahkan
Sistem Sirkulasi Overflow... Sistem sirkulasi Overflow merupakan salah satu dari sistem sirkulasi kolam. Baik kolam renang, kolam ikan, kolam gedung, kolam taman dan kolam lainnya. Sebuah sistem sirkulasi kolam yang memperbarui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *