Sistem Sirkulasi Kolam Renang: Mendukung Konsepsi Minimalis Kolam

Sistem sirkulasi kolam renang minimalis yang baik yang anda miliki, akan berpengaruh pada kualitas kolam renang anda pula. Sebab nilai dasar baik buruknya kualitas kolam renang bisa diukur dari kualitas airnya.

Sebuah kolam renang yang memiliki sistem sirkulasi yang buruk hanya akan mendatangkan permasalahan di masa mendatang. Satu demi satu masalah akan muncul yang akhirnya akan menjadi komplikatif.

Permasalahan yang terjadi pada buruknya sistem sirkulasi, merupakan titik tolak menjalarnya trouble ke seluruh aspek pendukung operasional kolam renang maupun kolam renang itu sendiri.

Kunci utama untuk mempertahankan kualitas kolam renang secara keseluruhan terletak pada prosesi perawatan kolam renang. Jadi anda harus memiliki sebuah pola perawatan yang terkontrol dengan baik juga.

Andaikan anda bermaksud membuat sebuah kolam renang minimalis di rumah, ada baiknya anda selesaikan membaca artikel ini hingga akhir. Pada artikel ini kami akan mengulas sedikit tentang Pool Circulation System tersebut.

 

Sistem Sirkulasi Kolam Renang Minimalis Anda

Sebaiknya anda memang harus tahu dan mau mencari tahu tentang bagaimana urutan siklus sirkulasi kolam renang minimalis anda terlebih dulu. Karena hal ini mendukung konsepsi minimalis kolam anda.

Karena dari situlah anda akan bisa mengevaluasi dan menemukan solusi permasalahan pada kolam renang anda nantinya.

 

Sistem sirkulasi kolam renang_2-min

 

Pada intinya sirkulasi kolam renang memiliki sebuah tujuan. Yaitu mengelola dan mengontrol air kolam renang agar selalu memiliki kualitas yang maksimal. Dan bagian-bagian yang mendukung hal tersebut kami bagi menjadi 3 bagian.

  • Bagian Mecanical

Ada bagian tersembunyi yang justru menjadi jantung beroperasinya kolam renang minimalis anda. Mesin pompa kolam renang merupakan kesatuan sistem pokok sebagai motor penggerak utama pada sebuah sistem sirkulasi air kolam renang.

Dengan bantuan Filter sebagai sebuah unit sistem filtrasi (yang tentunya beraneka ragam) berfungsi sebagai paru-paru kolam renang. Filter ini memiliki tugas untuk menyaring kotoran dengan ukuran terkecil dari kolam renang minimalis anda.

Kontrol yang baik di bagian utama ini merupakan hal penting untuk diperhatikan dengan seksama.

  • Bagian Electrical

Bagian elektrikal ini juga menjadi penting karena merupakan bagian yang menyalurkan tenaga ke bagian mekanikal. Bagian ini menjadi sebuah nyawa bagi sistem sirkulasi kolam renang.

Bagian ini terdiri dari panel sistem kelistrikan yang dibuat sedemikian rupa hingga rapi. Pengaturannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan desain pada saat pembuatan kolam renang.

Keamanan pada sistemnya perlu diperhatikan agar keselamatan pengguna kolam renang terjamin.

  • Bagian Plumbing

Bagian Plumbing ini biasa disebut dengan saluran instalasi pipa. Pada sistem sirkulasi kolam renang, bagian ini merupakan urat nadi yang menyalurkan darah ke seluruh tubuh.

Bagian ini terdiri dari rangkaian batangan-batangan pipa yang dibentuk sesuai desain kolam renang. Fungsinya sebagai media atau saluran mengalirnya air kolam pada saat sistem sirkulasi beroperasi.

Kerusakan pada bagian ini akan berpengaruh pada sistem distribusi air kolam renang ke bagian mekanikal ataupun sebaliknya.  Sehingga kerapian dan kekuatannya harus dihitung dengan matang.

Jika anda ingin menata landscape kolam renang, sebaiknya perhatikan jalur instalasi pipa kolam renang ini. Agar bila nanti dikemudian hari anda tak perlu kerepotan jika menemui permasalahan pipa bocor atau pecah.

  • Bagian Constructional

Bagian konstruksional ini merupakan tubuh dari sistem sirkulasi kolam renang. Bagian ini merupakan induk dari keseluruhan sistem. Tanpa keberadaannya, sistem yang lain menjadi tidak akan beroperasi sebagaimana fungsinya.

Ya, kolam renang itu sendirilah yang menjadi pusat siklus dari sebuah sistem sirkulasi. Kolam renang yang terdiri dari sebuah konstruksi yang dibentuk dengan pola tertentu, menjadi penting karena suatu kebutuhan untuk hidup.

Dan kelangsungan hidupnya dan operasional kolam renang ini sangat bergantung pada bagian-bagian yang lain. Tentunya kolam renang menjadi sangat membutuhkan sebuah perhatian khusus dan perawatan yang serius.

 

Bagaimana dengan Sistem Sirkulasi Kolam Renang Anda?

Perawatan yang baik bukan tidak akan menemukan masalah pada waktu mendatang. Akan tetapi akan meminimalkan kerusakan lebih dini. Dan akan mempertahankan sebuah kualitas untuk waktu lebih lama.

Sistem sirkulasi kolam renang ini terbagi menjadi beberapa tipe yang akan kami paparkan pula pada artikel akan datang. Agar anda benar-benar mengerti system kolam renang mana yang akan sesuai dengan kolam renang minimalis impian anda nanti.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan baca juga artikel kami tentang :

Membuat Kolam Renang Minimalis di Lahan Sisa

Similar Articles

Bagaimana Caranya Memilih... Tangga kolam renang merupakan sebuah sarana yang sering kali dilupakan oleh para perancang kolam renang. Padahal keberadaannya di dalam kolam renang menjadi hal yang sangat diperlukan bagi pengguna kolam renang.
Desain Kolam Renang Dan J... Anda mencari rujukan desain kolam renang jacuzzi? Apakah tidak anda temukan artikel yang berbagi desain dengan cuma-cuma? Atau desain yang ada tidak sesuai dengan yang anda cari? Jika
Experience Learning 2016 ... Experience Learning merupakan salah satu agenda tahunan DIMULTI POOL. Yang kebetulan pada tahun 2016 ini dilaksanakan pada tanggal 16 -17 April di salah satu lokasi Puncak, Bogor, Jawa
Bahayakah Bahan Kimia Kol... Bahan kimia kolam renang anda berbahayakah? Kami rasa anda masih meragukan hal ini. Sebelum kami panjang lebar menulis, kami ingin mengingatkan kembali. Bahwa ada sebagian orang yang
Efek Samping Chlorine: Ch... Efek samping chlorine sebagai salah satu bahan kimia pada pemakaian maintenance kolam renang seringkali menjadi pertanyaan banyak orang. Masih banyak penggunanya yang belum mengerti dan memahaminya. Jadi
Jacuzzi, Menghadirkan Kes... Jacuzzi bisa kita jumpai di tempat-tempat terapi maupun Spa, sebagai salah satu media alternatif untuk menghilangkan kepenatan rutinnya beraktivitas. Ya, Jacuzzi mampu memberikan suasana nyaman dan terapi tubuh bagi para
Kolam Renang Minimalis, S... Kolam renang minimalis menjadi sebuah impian sebagian masyarakat masa kini. Hal ini bukanlah berlebihan, karena mimpi merupakan salah satu anugerah cuma-cuma yang kita peroleh.   Wajar saja jika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *