Perawatan Kolam Renang

Kurang maksimalnya perawatan kolam renang terkadang menjadi faktor pokok rusaknya kualitas sebuah kolam renang. Baik dilihat dari sisi kualitas air maupun efektifitas fungsi kolam renang. Sudah menjadi rumus baku kehidupan, bahwasannya sesuatu yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula. Dari artikulasi bahasa tersebut kedudukan perawatan kolam renang menjadi sangat penting.

Mengapa?

Kolam Renang Mampu Menunjukkan Sebuah Identitas

Yang terjadi saat ini, bahwa kolam renang mampu menunjukkan sebuah identitas, kemapanan dan karakter pemiliknya. Dari mana kita bisa mengambil gambaran tersebut?

Mari kita berpikir secara sederhana saja. Mungkinkah jika seorang dengan penghasilan pas-pasan akan mampu memiliki sebuah kolam renang? Sedangkan ia hanya mampu membayar sewa rumah yang ia tempati. Tentu tidak mungkin.

Namun kita pasti tidak akan heran jika seorang pejabat, pengusaha, atau orang yang memiliki ekonomi mapan dapat membangun sebuah kolam renang bahkan lebih. Dari sini kemapanan dan identitas pemilik kolam ditunjukkan. Sedangkan maksimalnya kebersihan dan kondisi kolam renang akan mampu menunjukkan karakter pemiliknya. Sedangkan perawatan kolam renang bisa menjadi salah satu tolak ukurnya.

Jadi bagaimana kondisi kolam renang anda? Sudah maksimalkah perawatannya?

Sebelum melebar pada konten perawatan kali ini, ada baiknya kita baca kembali bagian-bagian terpenting dari kolam renang. Bagi anda yang belum mengerti bagian terpentingnya, anda bisa membacanya di sini.

Perawatan Kolam Renang Menunjang Kualitas Dan Fungsi

Menurut keilmuan yang biasanya melatarbelakangi sebuah kontraktor kolam renang yang ada di Indonesia, 4 (empat) hal penting sebagai sebuah acuan dasar baik buruknya kualitas kolam renang adalah:

  • System Mecanical
  • System Electrical
  • System Plumbing
  • System Constructional

Sebuah perawatan kolam renang yang baik seharusnya mampu mempertahankan kualitas kondisi dan fungsional yang maksimal dari ke empat sistem yang terdapat pada operasional kolam renang. Namun yang paling utama adalah perawatan pada isi kolam renang. Karena merupakan garis besar dari keseluruhan sebuah perawatan.

Perawatan pada System Mecanical

System Mecanical kolam renang sebagai sistem utama yang bekerja secara automatic menuntut sebuah perawatan yang baik. Pengecekan berkala secara teliti dan kontinyu akan menghasilkan operasional yang maksimal pada sistem sirkulasi kolam renang.

Pengetahuan secara detail dan menyeluruh pada sistem ini sangat menentukan hasil perawatan. Begitu juga dengan tata cara pengoperasian manual membutuhkan kehati-hatian dan ketelitian yang tinggi pada tiap-tiap peralihan proses system mecanical ini.

Penggantian komponen rusak yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu membutuhkan biaya servise yang harus dipersiapkan. Karena bisa jadi satu kerusakan komponen umumnya seringkali melebar ke komponen lainnya. Sebab komponen dalam sistem ini saling berkaitan dan bersinggungan. Untuk itu diperlukan pengetahuan tersendiri untuk mendeteksi fungsi tidaknya sebuah komponen.

Perawatan pada System Electrical

System Electrical ini menunjang beroperasinya keseluruhan sistem kolam renang. Perawatan kontinyu pada sistem ini tidak terlalu sulit untuk dikerjakan. Perhatian pada sistem ini hanya perlu difokuskan pada komponen-komponen yang bersinggungan langsung dengan aliran listrik.

Namun hal ini juga tidak layak untuk dianggap sebagai persoalan yang sepele. Karena kerusakan pada sistem ini akan berakibat fatal dan mempengaruhi sistem kerja kolam renang.

Perawatan System Plumbing

System Plumbing mendukung maksimalnya proses sirkulasi kolam renang. Perawatan yang bisa dilakukan pada sistem ini tidak terlalu merepotkan dan mudah. Kontrol kualitas biasanya dilakukan bersamaan dengan proses pembuatan kolam renang.

Pengecekan sesekali waktu bisa dilakukan dari kebiasaan dan pengalaman. Namun pengalaman dan kebiasaan tentunya juga harus didukung dengan sebuah penguasaan ilmu dan pengetahuan yang mendalam pada sistem ini.

Perawatan System Constructional.

Perawatan pada System Consrtuctional merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan. Perawatan kolam renang berkala yang dilakukan dengan frekuensi yang teratur akan membuat kualitas dan fungsional kolam renang meningkat.

Perawatan pada sistem ini memerlukan sebuah schedule rutin yang semestinya dilaksanakan dengan baik. Karena kerusakan pada sistem ini akan memberi dampak yang fatal pada fungsi dan nilai artistik sebuah kolam renang. Perbaikan dan renovasi pada sistem ini akan memakan biaya yang tidak sedikit.

Jadi komitmen pengadaan aksesoris atau peralatan perawatan seharusnya lebih ditingkatkan. Karena tanpa dukungan dari alat-alat yang diperlukan saat proses perawatan juga akan mengurangi kualitas dan maksimalnya perawatan itu sendiri.

Kualitas Air Kolam Renang

Yang terpenting dari keseluruhan proses perawatan kolam renang ada pada kondisi visual isi kolam renang. Karena kualitas air kolam renang merupakan sebuah acuan dari hasil perawatan pada umumnya.

Pengenalan pada karakteristik air sangat diperlukan pada tahap perawatan kolam renang. Karakter air ini bisa kita kenali dengan kebiasaan kita atau dengan tes uji kandungan air pada Laboratorium. Karena karakter air akan menentukan kadar dan dosis pemberian chemical kolam renang.

Maka dari itulah pengetahuan pada fungsi pemakaian chemical dibutuhkan dalam proses perawatan kolam renang. Karena akan mempengaruhi pola dan sistem perawatan tersebut. Pengenalan pada karakter air lebih dini akan lebih baik.

Kondisi Standard Ukuran Kandungan pada Air Kolam Renang

Perawatan Kolam Renang

Kemudahan biasanya selalu mengikuti pada sebuah kebiasaan. Sekali lagi ingin kami sampaikan, bahwa sebuah habit yang baik tentu akan meruncing menuju sebuah hasil yang baik.

Namun sebaliknya, yang kurang baik tentunya akan menuju pada hasil yang kurang maksimal. Keputusan ada pada anda. Kami hanya sebatas membagikan dan mengingatkan saja.

Di bawah ini kami berikan sebuah contoh visual sebuah Proses Perawatan Kolam Renang yang kami lakukan.

 

Demikian artikel singkat dari kami, jika anda memiliki pertanyaan seputar perawatan kolam renang, renovasi ataupun pembuatan kolam renang, silahkan berkonsultasi dan menghubungi tim kami.

DIMULTI POOL

Jl. As-Syafi’iyah No.129, Cilangkap, Cipayung
Jakarta Timur 13870 – Indonesia
Telp. +62 21 8430 5011 Ext. 22
Fax. +62 21 2285 3790
Email. info@typeapprovalindonesia.com

PIC:

  • Bapak Supomo [Bahasa] HP : 081299299939
  • BB : 5250B348
  • WA: 08568181377