Kolam Renang Semi Overflow. 3 Rahasianya Yang Harus Anda Ketahui.

Kolam renang semi overflow menjadi salah satu alternatif pilihan untuk menunjang kebutuhan manusia akan olah raga. Mungkin salah satunya adalah termasuk anda dan keluarga.

Dan ketika anda memahami sistem ini, maka andapun bisa merekomendasikannya pada kerabat atau rekanan anda yang berniat membangun kolam renang pribadi.

Karena sistem ini juga mampu mendukung memaksimalkan fungsi kerja kolam renang.

Sungguhpun sistem ini sangat cocok diterapkan untuk sirkulasi air pada kolam renang, akan tetapi sistem semi overflow ini  juga dapat diaplikasikan pada sistem kerja kolam-kolam lainnya.

Tentunya anda bisa meluangkan waktu anda untuk jalan-jalan bukan? Survei kecil pada tempat yang memiliki sebuah kolam yang anda singgahi, akan menambah pengetahuan anda pada sistem kerja sirkulasi air.

Misalnya sistem sirkulasi kolam gedung di lokasi perkantoran, kolam taman, kolam renang umum, kolam ikan dan kolam lainnya.

Agar anda mengerti apa itu yang dimaksud sistem semi overflow kolam renang, ada baiknya anda selesaikan artikel ini hingga akhirnya, jika memang anda tidak memiliki waktu untuk melihat-lihat dan mengamati secara langsung.

Atau silahkan anda juga bisa tanyakan pada kami via website resmi kami jika anda kurang paham dengan artikel ini.

 

Kolam Renang Semi Overflow

Pada dasarnya, kolam renang ini juga memiliki sebuah sistem sirkulasi yang sudah bisa dikategorikan kolam renang sistem overflow. Yang berbeda hanya pada desain dan bentuk struktur kolam renang saja.

Karena pada sistem kolam renang overflow murni, seluruh sisi dari struktur kolam renang menjadi bagian yang menumpahkan air ke saluran menuju balancing tank sebagai tempat penampungannya.

Sedangkan semi overflow hanya pada sebagian sisi konstruksinya. ( seperti yang terdapat pada feature image )

Atau perhatikan baik-baik gambar di bawah ini.

Kolam renang semi overflow1

 

Ada beberapa hal yang mestinya diperhatikan dengan baik ketika membangun kolam renang semi overflow. Karena sebuah kesalahan yang kecil akan berpengaruh besar pada pola kerja sistem kolam renang semi overflow ini.

Nah pada artikel ini kami ingin membagikan 3 rahasia yang tersimpan pada sistem kolam renang overflow ini. Agar anda juga bisa memberikan tips ini untuk yang lainnya. Berikut ini rahasianya.

 

3 Rahasia Kolam Renang Semi Overflow

http://www.kolamrenang.id/wp-content/uploads/2016/05/Kolam-renang-semi-overflow2.jpg

 

  • Pemilihan sisi Overflow

Desain kolam renang yang satu dengan yang lainnya tentu tidaklah selalu sama. Namun pada dasarnya setiap kolam renang memiliki ukurannya masing-masing tentunya. Yaitu panjang kali lebar kali tinggi ( p x l x t ).

Untuk memaksimalkan proses sirkulasi air kolam renang, maka pilihlah sisi dengan ukuran terpanjang kolam ( p ). Karena pada sisi ini akan membuat bagian air kolam pada permukaan menjadi banyak yang melimpah ke saluran.

Tentunya akan berbeda volume per detiknya jika anda memilih sisi lebar kolam ( l ). Volume air akan sesuai dengan penampang lebar sisi overflownya. Dan hal tersebut akan menjadi lebih sedikit.

  • Penempatan Outlet Fitting

Outlet Fitting berfungsi sebagai pintu masuk air bersih kembali ke dalam kolam renang setelah disaring pada sistem filtrasi. Namun di lain hal, air bersih yang keluar dari Outlet Fitting juga bisa mendorong air kotor dari kolam renang menuju sisi Overflow kolam.

Tujuan inilah yang membuat penempatan Outlet Fitting menjadi sangat penting. Meskipun anda juga bisa merubah posisi lubang di ujung Fitting, namun akan berpengaruh pada tekanan air yang keluar dari Fitting tersebut.

Jadi tempatkan Outlet Fitting pada sisi yang berseberangan dengan sisi Overflow kolam renang.

  • Pemilihan Mesin Pompa dan Filter Kolam Renang

Pada setiap desain dan ukuran kolam renang, pemilihan mesin dan filter mejadi sangat penting karena harus sesuai dengan kapasitas volume air kolam renang.

Kekuatan mesin pompa yang sesuai akan membuat limpahan air pada sisi Overflow menjadi berjalan dengan semestinya.

Motor utama pada sistem sirkulasi kolam renang ini berperan penting pada kecepatan proses penyaringan dan pembersihan air kolam renang dan proses penambahan chemical. Kekuatan hisap dan dorong pompa akan mempercepat penyebaran kadar chemikal ke seluruh bagian kolam renang.

Jika anda memerlukan tambahan sebuah Waterfall atau air mancur, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu hal ini dengan kontraktor kolam renang yang anda percayai.

 

Nah jika anda faham dan setuju dengan artikel sistem kolam renang Overflow ini, anda bisa mengaplikasikannya pada kolam renang anda di rumah.

Atau anda ingin merubah dan merenovasi kolam renang kesayangan anda? Anda bisa menghubungi kami di nomer telepon yang tertera di pojok kanan atas halaman ini.

Semoga bermanfaat.

 

Baca juga artikel kami yang lain :

Sistem Skimmer: Sistem Sirkulasi Kolam Renang Yang Digilas Jaman?

 

 

Similar Articles

Jacuzzi, Menghadirkan Kes... Jacuzzi bisa kita jumpai di tempat-tempat terapi maupun Spa, sebagai salah satu media alternatif untuk menghilangkan kepenatan rutinnya beraktivitas. Ya, Jacuzzi mampu memberikan suasana nyaman dan terapi tubuh bagi para
Perawatan Air Kolam, Anda... Perawatan air kolam gedung di Noble House Building akan segera kami mulai. Sebenarnya pekerjaan ini bukan termasuk dalam kategori Perawatan Kolam Renang. Namun tidaklah mengapa, karena kami juga
Efek Samping Chlorine: Ch... Efek samping chlorine sebagai salah satu bahan kimia pada pemakaian maintenance kolam renang seringkali menjadi pertanyaan banyak orang. Masih banyak penggunanya yang belum mengerti dan memahaminya. Jadi
Experience Learning 2016 ... Experience Learning merupakan salah satu agenda tahunan DIMULTI POOL. Yang kebetulan pada tahun 2016 ini dilaksanakan pada tanggal 16 -17 April di salah satu lokasi Puncak, Bogor, Jawa
Kolam Renang Minimalis, S... Kolam renang minimalis menjadi sebuah impian sebagian masyarakat masa kini. Hal ini bukanlah berlebihan, karena mimpi merupakan salah satu anugerah cuma-cuma yang kita peroleh.   Wajar saja jika
Bagaimana Caranya Memilih... Tangga kolam renang merupakan sebuah sarana yang sering kali dilupakan oleh para perancang kolam renang. Padahal keberadaannya di dalam kolam renang menjadi hal yang sangat diperlukan bagi pengguna kolam renang.
Sistem Sirkulasi Overflow... Sistem sirkulasi Overflow merupakan salah satu dari sistem sirkulasi kolam. Baik kolam renang, kolam ikan, kolam gedung, kolam taman dan kolam lainnya. Sebuah sistem sirkulasi kolam yang memperbarui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *