Efek Samping Chlorine: Chemical Kolam Renang. Cara Pengamanannya?

Efek Samping Chlorine: Chemical Kolam Renang. Cara Pengamanannya?

Efek samping chlorine sebagai salah satu bahan kimia pada pemakaian maintenance kolam renang seringkali menjadi pertanyaan banyak orang. Masih banyak penggunanya yang belum mengerti dan memahaminya. Jadi bagaimana cara yang aman menggunakan kaporit ini?

Chlorine yang lebih kita kenal dengan kaporit ini memiliki rumus kimia Ca(ClO)2 dengan nama Calcium Hypochlorite. Senyawa yang terbentuk dari Calcium, Chlor dan Oxygen ini menjadi sebuah senyawa yang memberikan sebuah manfaat bagi kehidupan manusia.

Meskipun di lain sisi senyawa ini bisa mendatangkan bahaya bagi kesehatan manusia. Namun efek sampingnya bisa kita minimalisir.

Sebenarnya bukan hanya chlorine saja yang memiliki efek samping. Semua yang dikonsumsi manusia memiliki efek samping jika tidak sesuai dengan batasan konsumsinya. Seperti halnya pada berlebihnya kebutuhan nutrisi pada tubuh manusia akan menjadi faktor penyebab timbulnya suatu penyakit.

Karena segala sesuatu jika digunakan secara berlebihan, maka tidak akan mendatangkan manfaat. Bahkan justru hanya akan mendatangkan kerugian bagi penggunanya.

Untuk itulah anda harus faham dengan batasan dan takaran yang benar ketika anda harus menggunakan chemical sebagai salah satu usaha mengoptimalkan kualitas air kolam renang anda. Karena salah-salah anda akan menemui permasalahan lainnya yang disebabkan penggunaan chemical kolam renang tersebut.

 

Efek Samping Chlorine1

 

Efek Samping Chlorine pada Perawatan Kolam Renang

Penggunaan chlorine pada prosesi perawatan kolam renang sebagai salah satu bahan kimia yang menunjang maksimalnya kualitas air kolam renang dipandang berbahaya bagi kesehatan tubuh oleh sebagian masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh ahli kesehatan di beberapa media online yang bisa anda baca dengan mengetikkan kata kunci “efek samping kaporit’ pada kolom searching browser anda. Semoga saja mereka murni menyuarakannya untuk kepentingan umat manusia bukan hanya setitik kepentingan pribadinya.

Chlorine memiliki efek samping pada tubuh manusia, dan inilah cara aman untuk mengantisipasi efek sampingnya. Yaitu antara lain :

  • Uap Chlorine

  1. Chlorine merupakan sebuah unsur kimia gas yang berbentuk padatan. Uap atau gas chlorine ini memiliki bau menyengat dengan efek buruk untuk kesehatan jika terhirup langsung oleh anda. Peradangan atau iritasi pada saluran pernafasan atas akan timbul, yaitu hidung dan tenggorokan.
  2. Tingkatan iritasi tergantung oleh banyaknya uap yang terhirup oleh tubuh. Jika terlalu banyak bahkan bisa menimbulkan sesak nafas dan peradangan pada paru-paru yang hebat. Jadi anda musti berhati-hati dengan uap chlorine ini.
  3. Cara aman agar anda tidak terlalu banyak menghirup uap chlorine ini, silahkan gunakan masker hidung atau penutup lainnya untuk meminimalisir efeknya.
  • Kontak Langsung

  1. Telapak tangan anda akan terasa licin jika sekedar memegang langsung untuk beberapa saat.
  2. Partikel chlorine yang tertiup angin akan menempel pada pori-pori kulit anda yang mengakibatkan terasa gatal-gatal dan ruam pada kulit.
  3. Cara aman untuk menanggulanginya, cepat-cepatlah anda membilas dan mencuci telapak tangan dan bagian tubuh anda yang terasa gatal dengan air bersih. Agar kandungan partikel yang menempel hilang.
  • Pada Pemakaian di Air Kolam Renang

  1. Anda akan merasakan pedih dan mengalami iritasi mata jika terlalu lama berenang di kolam renang yang masih menggunakan chlorine.
  2. Kulit akan terasa kering dan kusam, karena efek chlorine sebagai disinfektan akan mengurangi kelembaban kulit anda.
  3. Jika anda terlalu banyak menelan air kolam renang, anda akan mengalami mulut dan tenggorokan terasa kering. Sifat korosif chlorine ini akan membuat iritasi dan peradangan pada lambung.
  4. Efek chlorine akan membuat warna swimsuit anda berwarna pudar.
  5. Cara berenang yang aman adalah :
  • Pakailah pelembab kulit sebelum anda melakukan aktifitas rutin berenang.
  • Usahakan jangan terlalu banyak menelan air kolam renang.
  • Pakailah kaca mata khusus berenang.
  • Bilaslah dengan air bersih setelah anda berenang untuk menghilangkan partikel chlorine yang menempel pada tubuh.
  • Cepatlah cuci pakaian renang anda dengan menggunakan sabun cuci agar mengurangi efek samping chlorine pada warna kain.

Efek samping Chlorine ini akan dapat diminimalisir dengan baik jika anda juga memperhatikan takaran penambahannya pada air kolam renang. Kontrol yang baik pada kebutuhan chemical kolam renang menjadi sebuah kunci menanggulangi efek buruk pemakaiannya.

Untuk keterangan lebih lanjut, anda bisa berkonsultasi dengan ahli perkolaman yang anda percaya. Atau silahkan hubungi kami di nomor telepon yang tertera pada pojok kanan halaman ini.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *