Bahayakah Bahan Kimia Kolam Renang Anda?

Bahan kimia kolam renang anda berbahayakah? Kami rasa anda masih meragukan hal ini.

Sebelum kami panjang lebar menulis, kami ingin mengingatkan kembali. Bahwa ada sebagian orang yang tidak cocok untuk bersentuhan langsung dengan bahan kimia. Di dalam ilmu kedokteran, kita mengenal dengan alergi. Beberapa diantaranya bisa menimbulkan gejala yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

Untuk itu pemakaian bahan kimia kolam renang sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Di lain sisi mesti dipertimbangkan efek-efek negatif yang bisa muncul dari penggunaannya.

Sehari-hari anda tentunya sering berinteraksi dengan bahan kimia. Namun anda tidak sadar bahwa anda sedang bersentuhan. Memang, hidup kita masih belum bisa lepas dari penggunaannya. Seolah-olah kita masih saja terus bergantung.

Karena memang di sisi positifnya, kegunaan bahan kimia membantu kehidupan kita. Kita dapat membuat pekerjaan lebih ringan. Kita mampu membersihkan alat-alat rumah tangga lebih cepat. Bahkan kita bisa menikmati buah-buahan dan sayuran dengan bantuan bahan kimia.

Banyak sekali kepentingan yang berkaitan dengan penggunaan bahan kimia. Hingga di lain sisi penyalahgunaannya tidak lagi memikirkan kesehatan tubuh. Kecurangan seringkali dilakukan. Meski hanya untuk mendapatkan keuntungan yang tak seberapa.

Di Indonesia ini banyak terjadi penyimpangan penggunaan bahan kimia berbahaya yang tidak pada tempatnya. Lemahnya pengawasan dan kontrol Pemerintah, jarang yang mengerti penyalahgunaannya. Maka itu kita juga harus memahami penempatan pemakaiannya.

Sebab siapa orang yang paling peduli dengan diri kita? Tentunya diri kita sendiri.

 

Keterkaitan Bahan Kimia Kolam Renang dengan Perawatan. Amankah?

Apa tujuan anda berenang? Tentunya berolahraga agar tubuh menjadi sehat bukan?

Jika hal ini yang anda ingin dapatkan, tentunya banyak orang yang memiliki tujuan yang sama dengan anda. Jika terjadi peristiwa anda atau anak anda meminum air secara tidak sengaja, itu hanyalah sebuah kesalahan. Pastinya anda tidak menginginkan hal itu terulang kembali.

Dari keseluruhan bahan kimia kimia kolam renang, adalah berbahaya. Apalagi jika digunakan bukan pada tempatnya. Sama halnya jika sebuah pisau digunakan untuk mengolah makanan di dapur anda. Tentunya akan memberikan sebuah keuntungan. Dan seharusnya tidak disalahgunakan bukan?

Bahan kimia kolam renang akan berbahaya jika dikonsumsi oleh tubuh manusia langsung. Dan salah satunya juga berbahaya jika terkontaminasi oleh kulit. Seperti halnya HCl atau Hydrogen Chloride. Untuk itu penyimpanannya seharusnya dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Mereka tidak faham akan bahaya yang akan terjadi ketika menyentuhnya.

Keterkaitan bahan kimia kolam renang pada saat perawatan merupakan sebuah ikhtiar atau usaha. Sebuah langkah untuk mempertahankan kualitas air. Meskipun memiliki sisi negatif jika penggunaannya tidak sesuai dengan ketentuannya.

Air kolam renang merupakan sebuah senyawa kimia. Didalamnya memiliki kandungan unsur-unsur kimia yang menyatu. Silahkan anda lakukan uji laboratorium. Anda akan mengetahui kandungan kimia pada air milik anda.

Perubahan pada air kolam renang akan terjadi seiring dengan penggunaannya. Untuk mengembalikan pada kondisi ideal, maka air membutuhkan bantuan bahan kimia kolam renang. Penambahan chemical/bahan kimia dilakukan bersamaan pada waktu perawatan kolam renang.

Sebagian ahli berpendapat bahwa pemakaian chemical kolam renang ini aman pada kolam renang. Karena bahan-bahan ini akan bereaksi dengan oksigen sebagai oksidasi. Dan sebagian ahli lainnya berpendapat bahwa pemakaiannya yang lama akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Jika anda terlalu lama brendam dalam kolam renang, mungkin akan merasakan iritasi pada beberapa bagian tubuh. Terutama pada anak-anak yang relatif lebih rentan.

 

Bahan Kimia Kolam Renang. Apa Fungsi Lainnya?

  • Sebagai penyeimbang

Bahan kimia kolam renang merupakan bahan-bahan sintetis temuan manusia. Penggunaannya pada air kolam renang sebagai penyeimbang keberadaan kadar Chlorine dan pH atau kelembaban. Karena kadar klorin dan pH kolam renang akan berubah jika terkena panas matahari langsung.

Begitu juga ketika musim hujan, pH dan klorin akan cepat berubah. Di saat inilah chemical/bahan kimia kolam renang dibutuhkan untuk menyeimbangkan kembali kadar chlorine dan PH air kolam renang.

  • Sebagai anti bakteri

Bahan Kimia Kolam renang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri. Bisa anda bayangkan, berapa banyak kuman dan bakteri seperti microba di dalam kolam renang.

Jika anda tidak peduli dengan kebersihannya. Penyakit kulit dan gatal-gatal akan mudah menjangkit pada kita. Pemeliharaan yang teratur dengan beberapa bahan kimia, akan membantu mematikan mikro organisme yang datang pada kolam renang.

  • Sebagai pembunuh alga dan lumut

Kolam renang dengan air yang hijau disebabkan oleh faktor tumbuhnya ganggang air dan lumut. Pola perawatan seringkali dilakukan dengan cara scrubing atau menyikat dinding dan lantai kolam renang.

Akan tetapi pertumbuhan alga dan lumut ini tidak akan bisa kita kontorl hanya dengan pembiaran. Maka dari itu, pemakaian bahan kimia akan menahan pertumbuhannya.

  • Sebagai penghemat

Pemakaian bahan kimia kolam renang akan memangkas biaya pembelian air bersih untuk mengisi kolam. Anda akan bisa menghemat di kisaran 30% biaya penambahan dan pembelian air kolam renang.

Penghematan waktu operasional juga akan anda dapatkan. Karena hampir tidak ada Lost Time pada perawatan dengan metode ini. Kecuali kualitas air anda terlalu parah dan rusak.

Nah sekarang anda sudah sedikit faham bukan?

Kesimpulannya, bahwa pemakaian bahan kimia kolam renang masih menjadi perdebatan para ahli kesehatan. Karena sebagian menyimpulkan aman bagi manusia. Dan sebagian yang lain mengklaim bahwa lambat laun efek sampingnya akan membahayakan kesehatan manusia.

Yang terpenting sekarang adalah bagaimana dengan anda sendiri. Anda lebih setuju dengan asumsi yang mana. Karena yang paling mengerti pada diri anda adalah anda sendiri, bukan siapa-siapa. Jadi keputusan masih tetap pada diri anda untuk memilih metode perawatan kolam renang yang anda punya.

Semoga bermanfaat.

Similar Articles

Focus and Professional We are happy to work in this field, so we will stay focused and we will continue to learn to be more professional in serving each customers.
Perbaikan Kolam Renang. 5... Perbaikan kolam renang lama atau renovasi seringkali mengalami kegagalan atau tidak sesuai kesepakatan. Hal ini bisa mengakibatkan dampak negatif untuk semua pihak. Baik dari pihak pemilik kolam renang maupun pihak
Kolam Renang Semi Overflo... Kolam renang semi overflow menjadi salah satu alternatif pilihan untuk menunjang kebutuhan manusia akan olah raga. Mungkin salah satunya adalah termasuk anda dan keluarga. Dan ketika anda memahami sistem ini, maka
Water Fountain Kolam Rena... Water Fountain kolam renang merupakan salah satu elemen tambahan. Namun seringkali berpengaruh besar pada keseluruhan nilai sebuah kolam renang. Meskipun tidak semua tipe kolam renang juga layak ditambahkan
Bagaimana Caranya Memilih... Tangga kolam renang merupakan sebuah sarana yang sering kali dilupakan oleh para perancang kolam renang. Padahal keberadaannya di dalam kolam renang menjadi hal yang sangat diperlukan bagi pengguna kolam renang.
Biaya Pembuatan Kolam Ren... Biaya pembuatan kolam renang minimalis seringkali mengundang tanda tanya untuk banyak orang. Mungkin anda adalah salah satunya. Karena memilikinya memang bisa mengundang kesenangan tersendiri. Apakah anda juga pernah berniat menghubungi ahli perkolaman atau konsultan
Flexible time Creating a swimming pool require special attention to avoid disappointment after the pool is done. For the prospective owner of the pool and pool contractors need to meet and

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *